UEFA Terapkan 4 Kali Pergantian Pemain Mulai Musim Depan

HPK taruh disini
Mulai Liga Champions dan Liga Europa 2018-2019, UEFA akan menerapkan beberapa aturan baru. Salah satu yang paling mencolok adalah, empat kali pergantian pemain alih-alih bertahan pada tiga pergantian. Selain itu ada perubahan jumlah pemain cadangan dan jadwal kick-off.

Selama ini, pergantian pemain untuk Liga Champion dan Liga Europa mutlak paling banyak tiga orang. Dan hal ini berlaku untuk semua pertandingan sejak babak penyisihan grup hingga final. UEFA melihat ada kekurangan dari aturan ini.

Yaitu, kemungkinan sebuah tim dirugikan ketika tiba pada perpanjangan waktu. Bisa jadi klub tersebut sudah melakukan tiga pergantian pemain, lalu ada pemain cedera. Akibatnya, tim harus menghabiskan sisa laga dengan 10 orang, karena stok pergantian pemain sudah habis. Dengan tambahan satu pergantian lagi khusus untuk babak perpanjangan waktu, 2 x 15 menit, kerugian yang dimaksud tidak akan terjadi lagi.

Selain itu, tim yang masuk final Liga Champion, final Liga Europa, dan Piala Super Eropa musim depan berhak menampilkan 23 pemain dalam dalam daftar skuat di pertandingan tersebut. Selama ini, jumlah pemain dalam skuat maksimal hanya 18 orang.

Dengan total adanya 12 pemain pengganti dibandingkan tujuh orang saja di bangku cadangan, pelatih akan lebih fleksibel lagi dan mengurus pergantian pemain di laga sepenting itu.

Ada tambahan lain, yaitu sebuah klub berhak menambah tiga pemain baru di kompetisi kontinental setelah jendela transfer bulan Januari. Namun tiga pemain tersebut tetap bukan pemain yang sudah didaftarkan oleh klub lain di putaran pertama.

UEFA Terapkan 4 Kali Pergantian Pemain Mulai Musim Depan

Terkait jadwal, babak play-off Liga Champion, penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final, akan kick-off pada pukul 21.00 CET atau pukul 03.00 WIB. Namun di babak penyisihan grup, akan ada dua pertandingan pada hari Selasa (Rabu dini hari waktu Indonesia) dan hari Rabu (Kamis dini hari waktu Indonesia) yang dimainkan pada pukul 18.55 CET atau pukul 00.55 WIB.

Sementara itu, jadwal babak penyisihan grup hingga 16 besar Liga Europa akan dimainkan dalam dua waktu kick-off, yaitu 18.55 CET dan 21.00 CET. Akan halnya pertandingan perempat final hingga final hanya digelar pada satu waktu kick-off semata pada pukul 21.00 CET.

Tambahan terakhir, Piala Super UEFA 2018 juga akan digelar pada pukul 21.00 CET tepatnya pada 15 Agustus. Lilleküla Stadium di Estonia dipilih sebagai tempat gelaran partai ini.

Sumber
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==