7 Fakta tentang Kuku yang Perlu Kamu Ketahui

HPK taruh disini
Kembalikan bentuk kuku indahmu dengan buah alpukat (Foto: Thinkstockphotos)
Beragam mitos kerap beredar dalam hal kecantikan, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Begitupun kuku yang tak luput dari beberapa mitos yang kerap diperbicangkan.
Berbagai pertanyaan muncul, misalnya apa benar tanda putih pada kuku mengindikasikan kekurangan kalsium?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kumparanSTYLE merangkum tujuh fakta seputar kuku yang perlu kamu ketahui. Apa saja?
1. Kuku tumbuh rata-rata 3,5 milimeter per bulan
 lembabkan kuku (Foto: dok.thinkstock) 
Menurut American Academy of Dermatology, kuku di jari tangan lebih cepat tumbuh yaitu 3,5 mm per bulan, sedangkan kuku kaki yang hanya 1,6 milimiter per bulan. 
Namun, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kukumu membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh panjang, misalnya kurangnya vitamin dan penyakit tertentu. Jika kamu kehilangan kuku, dibutuhkan waktu sekitar 3-5 bulan agar kuku tersebut tumbuh kembali sepenuhnya.
2. Bintik putih pada kuku tidak menunjukkan kekurangan kalsium
 bercak putih pada kuku (Foto: doko.Thinkstock) 
Timbulnya bintik putih pada kuku kerap kali dikaitkan dengan pernyataan bahwa tubuhmu kekurangan asupan kalsium dan zinc. Padahal, adanya bintik putih tersebut timbul karena kuku mengalami trauma akibat benturan yang meninggalkan bekas lebam. 
Bercak putih tersebut juga timbul akibat kerusakan saat menggunakan peralatan manicure atau saat membersihkan gel dan acrylic nail art.
3. Kuku tidak perlu bernafas
 kuku (Foto: dok.thinkstock)
Ada mitos beredar yang mengatakan bahwa kita perlu membiarkan kuku istirahat dari berbagai riasan kuku seperti nail art. Namun, sejatinya kuku sendiri terdiri dari sel mati yang tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan oksigen dari luar. Asupan oksigen yang dibutuhkan kuku telah didapatkan dari aliran darah.
4. Kuku terbentuk dari bahan yang sama dengan rambut
 rambut dan kuku (Foto: dok.thinkstock)
Baik kuku maupun rambut tercipta dari keratin, namun disatukan dengan cara yang berbeda. Dan itu berarti asupan makanan yang baik untuk rambutmu juga baik untuk kesehatan kuku. Mengkonsumsi protein dan minyak nabati baik untuk kesehatan rambut dan kuku yang lembab dan kuat.
5. Kuku lebih cepat tumbuh di musim panas ketimbang musim hujan atau musim dingin
 ilustrasi kuku (Foto: dok.thinkstock)
Menurut American Academy of Dermatology, adanya perbedaan waktu yang terjadi sepanjang tahun (usia, gen, dan cuaca tentunya) dapat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan kuku.
6. Stres dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku
 stres (Foto: dok.thinkstock)
Untuk kamu yang ingin memiliki kuku sehat, coba hindari stres yang berlebihan. Dan pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Karena stres dan kelelahan dapat mengalihkan energi dan nutrisi tubuh untuk tumbuhnya kuku dan rambut yang sehat.
7. Kuku pria tumbuh lebih cepat ketimbang kuku wanita
 kuku pria (Foto: dok.thinkstock) 
Pertumbuhan kuku pria lebih cepat daripada wanita. Tetapi menurut American Academy of Dermatology, hal tersebut tidak berlaku saat wanita sedang hamil. Hal ini juga terjadi pada orang yang berusia lebih muda, kuku mereka akan tumbuh lebih cepat ketimbang orang dewasa. 
Artikel Asli
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==