Gadis 8 Tahun Meninggal Setelah Diminta Ortunya “Minum Obat Ini”

HPK taruh disini

Beberapa hari yang lalu, ada berita yang beredar tentang seorang gadis yang meninggal dikarenakan kesalahan saat meminum obat. Gadis malang itu baru berumur 8 tahun saat kejadian. Dirinya terserang demam saat itu.
Ibunya yang tak bisa izin kerja untuk membawa gadis malang itu berobat, akhirnya memutuskan untuk mencari dua jenis obat flu di rumah mereka dan diberikan kpada anaknya. Setelahnya, si gadis itupun juga tetap berangkat ke sekolah, namun tak ada yang menyangka, di sekolah dirinya malah muntah-muntah.
Penyakitnya bertambah parah, dan akhirnya nyawa si gadis mungil tak dapat tertolong. Ibunya sangat menyesal, menangis, serta kebingungan mengapa penyakit flu ringan dapat merenggut nyawa buah hatinya.
Setelah diteliti ternyata si ibu memberikan anaknya antibiotik (roxithromycin) dan asmeton strong yang dikonsumsi berbarengan sehingga menyebabkan meningkatnya aminofilin dalam tubuh dan akhirnya sebabkan keracunan.
Efek samping dari aminofilin yang paling umum adalah muntah-muntah dan perasaan lambung tak nyaman, jika parah makun sulit bernafas dan jantung dapat berhenti mendadak.
Gadis 8 Tahun Meninggal Setelah Diminta Ortunya "Minum Obat Ini"

Selain 2 macam obat flu di atas yang tak boleh dikonsumsi secara berbarengan, ada juga obat-obat lainnya yaitu :

1. Obat dingin yang mengandung parasetamol, antipiretik atau obat penghilang rasa sakit
Obat yang mengandung bahan-bahan ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena dapat mengakibatkan overdosis parasetamol, mengakibatkan kerusakan hati, gagal hati, hingga kematian.
2. Obat flu dan sirup obat batuk
Obat dlu seperti panadol dan sebagainya mengandung acetaminophen, ramuan ini mengandung obat yang mengandung madu, seperti sirup obat batuk, cap ibu dan anak, dan lain-lainnya, jika dikonsumsi bersamaan maka akan mengurangi peran mengobati demam.
3. Vitamin C dan obat sulfonamida
Vitamin C mengandung zat asam, sedangkan obat sulfonamida dapat membeku dan berubah menjadi kristal jika bertemu dengan zat asam. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal.
4. Tablet ginkgo dan aspirin
Tablet ginkgo mengandung kandungan flavonoid yang tinggi, jika dikonsumsi bersamaan dengan aspirin, maka akan menyebabkan pendarahan. Apalagi jika pasien baru selesai operasi, risiko pendarahan akan lebih tinggi, jadi berhati-hatilah.
Semota artikel ini bermanfaat yah! Jangan lupa untuk SHARE dan LIKE artikel ini kepada teman-temanmu!
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==